Sabtu, 29 Oktober 2016

Asal Usul Tangerang , Apa Anda Tahu? Edisi 001

Kang agush lahir di Tangerang ,tepatnya cikupa sejak 1976 lalu, persis dekat pasar cikupa dan saat ini berdiri gerbang Citra Raya  dan sekarang ada Galery Topibambu. Ternyata sebelum ada jalan Tol  Jl. Raya serang ini pun di buatb oleh masa penjajahan  saat itu dengan sistem kerja Rodi, alhasil kangagush mencari kenapa ada Tangerang ?

Kangagush pun mencari data dengan bukti berupa buku dengan kunjungan ke perpustakaan kab.Tangerang, ke Arsip Nasional yang di Jakarta dan ke Arsip Provinsi Banten.

Kalau berdasarkan cerita dari masyarakat semua tidak ada yang mengetahui secara bukti yang jelas, namun dengan buku semua tercatat. Nama Tangerang berasal dari dua kosa kata Sunda tengger dan perang.Tengger atau tetengger berarti tanda yang mencirikan tempat atau lokasi berbentuk dari tugu dari kayu, bambu atau tembok. Perang  sama artinya perang, peperangan, pertempuran.

Pernah  ada tulisan Tanggerang memiliki huruf ( g)  yang double. Singkatnya nama Tanggerang berarti Tugu sebagai tanda pernah terjadi peperangan.

Pernah anda mendengar istilah dulu beberpa tahun lalu namanya Benteng oleh masyarakat .Ada penafsiran bahwa tugu itu berfungsi sebagai tanda batas antara wilayah yang di kuasai oleh Kesultanan Banten  di sebelah barat sungai Cisadane. Tugu tersebut berdasarkan cerita di buat oleh Pangeran Sugri, beliau salah satu putra Sultan Ageng Tirtayasa.Tugu itu terletak di tepi sungai Cisadane, pada ujung jalan Oto Iskandardinata di kota Tangerang.

Sumber dari Thohirudin , 1971:22  dulu ada namanya Citanggerang  karena istilah itu muncul ada tugu di pinggir sungai.

Ini baru edisi tulisan  pertama ..nantikan cerita selanjutnya
Buku Sejarah Tangerang, Pemda  2004

Sekilas lintas kabTangerang,  suryana nana et la 1992

Pemberontakan petani tangerang, 1981

Dokumen Volksteling 1930 Inheemsche Bevolking van West Java

Luas dan letak Peta Tangerang Hindia Belanda tahin 1860, sumber buku sejarah kab.Tangerang 2004
Sumber gambar dari musium belanda (google)
Gambar Pengrajin Topibambu sejak 1904 lokasi Tjikuopa 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar