Jumat, 14 Februari 2014

Jualan TopiBambu Berawal dari Ngeblog UKM

Berawal dari niat membantu para pengrajin topibambu yang ada di Tangerang bersama teman teman komunitas dan saat ini pun komunitas topibambu dibuat untuk tetap berjalan membantu pelaku usaha mikro yang ada di wilayah Kab. Tangerang. Kangagus selalu menyempatkan membuat tulisan baik di blog maupun di web www.topibambu.com agar usaha pelaku mikro dapat memasarkan di dunia maya melalui internet (toko online).

Perjalanan berjalan sudah hampir 4 tahun selalu membatu para UKM  untuk di tulis di website seperti pembuatan sendal jepit, pembuatan donat, budidaya lele, pembuatan dodol dan pelaku usaha lainnya. Perjuangan mempromosikan topibambu di dunia maya ternyata berimbas dan mau tak mau kangagus harus membuat dan bermitra dengan pengrajin topibambu dan saat ini memiliki mitra sebanyak 20 orang untuk membuat UKM Topibambu
.
Aneka topibambu di Galeri UKM Topi Bambu kangagus

Kangagus mencoba membuat mempromosikan topibambu mulai dari yang gratisan sampai dibuatkan oleh perusahaan  dan saat ini fokus toko kerajinan topibambu dan anyaman dengan nama toko " bambu Craft " http://www.smartbisnis.co.id/user/ukm dapat dilihat www.topibambucikupa.com. Modal  kepercayaan yang dilakukan kangagus saat berjualan dan dengan tanpa modal dapat membuat galery topi bambu dengan niat melestarikan anyman topibambu dan telah di anugrahkan oleh MURI dengan membuat Topibambu terbesar berdiameter 2 meter mendapatkan Rekor Dunia.
Pameran APCO Bandung Se Asia 

Berjualan tanpa modal pun berjalan dengan konsep berjualan online topibambu pramuka dan topibambu besar, dan saat ini kangagus dapat memproduksi topi pramuka atau topi pandu dalam sebulan kurang lebih  dengan omset sampai cukup bisa membantu distribusi perajin topibambu  atau 500 kodi sesuai pesanan. Keberuntungan pun berjalan dengan niat membantu pengrajin tepatnya tahun 2013 kedatangan tamu dari hongkong ke galery topibambu.

Untuk tetap melestarikan produk lokal ini kangagus tetap konsisten dalam melakukan promosi mulai pameran lokal, nasional bahkan mencari relasi sampai ke singapura dan malaysia, Saat ini akan bekerjasama dengan dunia model fasyen dengan membuat topibambu desain Batik Banten. Untuk tetap melestarikan dan mempertahankan produk lokal anyaman kerajinan masyarakat selalu mempromosikan baik di media cetak, elektronik bahkan di forum resmi seperti sharing UKM  dan tetap memberikan pelatihan kepada para pelajar dan masyarakat umumnya yang ingin belajar menganyam topibambu .
Sharing UKM Topibambu







Tidak ada komentar:

Posting Komentar