Jumat, 03 Juni 2011

Tanya - Jawab DRAGON POWER

DRAGON POWER adalah alat Penghemat Listrik REVOLUSIONER Technology Germany yang dapat memberikan solusi bagi anda untuk berhemat.
DRAGON POWER merupakan teknologi terbaru yang komponennya didesain khusus melalui riset yang sangat dalam dan berkualitas tinggi mengacu pada standar Internasional dan TERBUKTI MAMPU MENGHEMAT LISTRIK ANDA BERDASARKAN HASIL UJI LIPI No BTP-025-PC-TP-006-10/B
( Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian - LIPI )

1. Bagaimana cara kerja DRAGON POWER ?
Pernahkah anda mengalami MCB yang turun sebelum beban daya terpakai melebihi kapasitas daya listrik anda?Itu disebabkan daya semua yang ada cukup besar pada jaringan listrik anda. Tahukah anda bahwa lampu Neon TL 40 Watt sebenarnya dapat mengkonsumsi daya hingga 70Watt? DRAGON POWER dapat mereduksi daya semu yang ada sehingga memaksimalkan kapasitas jaringan anda, dan membuat peralatan menjadi lebih panjang usia pakainya karena dapat mencegah arus berlebihan yang masuk dalam jaringan, sekaligus memperbaiki efisiensi jaringan listrik anda karena DRAGON POWER dapat menyalurkan arus listrik sesuai dengan kebutuhan alat. DRAGON POWER juga berfungsi sebagai SOFT START yang dapat mengurangi tarikan awal daya listrik pada peralatan anda, misalnya AC, JET PUMP terutama pada peralatan yang menggunakan kumparan.

Seperti diketahui di Indonesia beban listrik umumnya induktif, sehingga makin jauh dari Sumber Listrik cos phi nya akan makin kecil. DRAGON POWER adalah electrical equipment untuk meningkatkan power factor (PF), dimana akan mempengaruhi besarnya arus (Ampere).

Kalau beban listrik banyak yang mengandung reactance (reaktansi) seperti beban motor listrik, Neon maka PF akan berada dibawah 0.8.
Fluorescent/Neon yang tidak dilengkapi capacitor PF nya 0.5. Dengan dipasangnya DRAGON POWER maka PF diharapkan dapat mencapai 0.98 ~ 0.9 (karena idealnya 1.0).
Salah satu indikasi cos phi yang kurang baik dapat dilihat dari tegangan yang drop (tidak selalu), untuk pastinya harus diukur.

Keuntungan lain dari pelanggan adalah MCB dirumah tidak akan sering jatuh, karena pembatas listrik (MCB) bekerja berdasarkan arus yang lewat MCB tersebut dan Anda juga bisa mendapatkan penghematan dari optimasi jaringan ( rugi-rugi daya diperkecil, dan efisiensi jaringan listrik ).

Selain itu DRAGON POWER juga mengurangi arus start yang besar, saat kita mengoperasikan beban yang bersifat induktif.

Kesimpulan : DRAGON POWER bekerja dengan cara menurunkan jumlah arus (ampere) pada beban yang terpakai, dengan tegangan tetap (voltase), sehingga mengurangi daya (watt) yang harus dibayar.

2. Bagaimana dengan garansinya ?
DRAGON POWER bergaransi selama 1 ( satu ) tahun terhitung dari tanggal pembelian.
Garansi kerusakan bukan karena kesalahan pemakaian atau bencana alam.

3. Berapa beban daya yang efektif untuk pemakaian satu unit DRAGON POWER ?
DRAGON POWER bekerja efektif pada tegangan max. 250 V dengan minimun beban 40 Watt untuk Type R1 ( 450 - 1300 watt ) dan minimum beban 80 watt untuk Type R2 ( 2200 - 4400 watt ).

4. Jika saya menggunakan DRAGON POWER untuk instalasi jaringan listrik dirumah saya apakah tidak akan merusak peralatan listrik lain ?
Tidak, karena DRAGON POWER tidak merubah tegangan dalam jaringan, dan sebaliknya memperpanjang usia peralatan listrik, karena dapat membagi arus sesuai kebutuhan dan mencegah arus berlebihan masuk kedalam peralatan.

5. Berapa persen ( % ) penghematan yang didapat jika saya menggunakan DRAGON POWER ?
Penghematan yang diperoleh sekitar 10 % sampai dengan 35% tergantung Peralatan yang dipakai dalam jaringan & lamanya pemakaian.
Penghematan akan berbeda-beda dalam jaringan yang berbeda-beda karena besaran power faktor ( cos phi ) setiap peralatan listrik berbeda.

6. Dengan alat apa dan bagaimana cara membuktikan penghematan itu ?
Penghematan dapat dibuktikan dengan mengukur jumlah arus yang masuk kedalam jaringan pada kondisi sebelum dan sesudah menggunakan DRAGON POWER dengan menggunakan Tang Ampere atau Ampere Meter.

Tang Ampere diklem pada kabel masa ( warna hitam ) pada kabel diantara meteran ( MCB pusat dan MCB pembatas/pembagi ), atau pada kabel diatas meteran arah ke tiang listrik.

Pada saat melakukan demo, peralatan yang menggunakan elemen pemanas sebaiknya dimatikan sementara, karena tidak bisa dihemat, misalnya: setrika pakaian, Rice Cooker, dll. Nilai ampere yang berkurang menunjukan jumlah arus yang masuk ke dalam jaringan berkurang, sehingga mengurangi daya aktif yang sedang digunakan.

7. Karena DRAGON POWER bekerja menurunkan jumlah arus ( ampere ) dalam suatu jaringan listrik, apakah akan mengurangi kapasitas daya jaringan itu sendiri ?
Tidak, tetapi DRAGON POWER menurunkan ampere pada beban yang sedang aktif sehingga pemakaian daya menjadi maksimal, bahkan sebaliknya kapasitas maksimal dapat dicapai dengan menggunakan kompensator daya DRAGON POWER.

8. Apakah DRAGON POWER dapat digunakan pada sistem jaringan listrik 3 phase ?
Dapat digunakan untuk jaringan listrik 1 phase ataupun listrik 3 phase, asalkan tegangannya ( voltage ) dibawah 250 V.
Perhatian : jaringan listrik 3 phase ada yang menggunakan tegangan/voltage 380 V dan ada yang menggunakan tegangan 450 V.

9. Bagaimana cara pemasangan/instalasi DRAGON POWER pada suatu jaringan listrik ?
Untuk jaringan 1 phase, DRAGON POWER dapat dipasang pada stop kontak dimana saja dalam jaringan.

Untuk jaringan 3 phase maka harus dipasang 3 unit DRAGON POWER yang dipasang pada masing-masing phase.

DRAGON POWER cocok untuk dipasang di Rumah, Ruko, Restoran, Bengkel Las, industri kecil, dan lain-lain.

Perhatian : PASANG DRAGON POWER SEDEKAT MUNGKIN DENGAN BOX SIKRING/ MCB.
Jangan dipasang pada STOP KONTAK yang K E N D O R !!..

10. Apakah kabel dan steker DRAGON POWER mampu menahan panas dan beban ?
DRAGON POWER dirancang sedemikian rupa dengan pertimbangan nilai fungsional dan ekonomis nya, sehingga terjangkau oleh sebagian besar masyarakat.
Cara pemasangan DRAGON POWER yang paralel ( bukan seri seperti stabilizer yang ada outputnya yang selalu dilalui arus yang besar terus menerus ) tidak menyebabkan DRAGON POWER dilalui arus besar, kabel dan steker hanya dibebani oleh DRAGON POWER itu sendiri, sehingga panas yang timbul sangat kecil sekali.

11. Kapasitas 4.400 Watt menggunakan satu unit, jika dipasang dua unit apakah prosentase penghematan akan bertambah ?
Tidak demikian. Karena pemasangan unit yang berlebihan akan menyebabkan DRAGON POWER bersifat kapasitif (membebani) yang sebaliknya malah akan mengurangi prosentase ( % ) penghematan.

12. Jika dirumah saya sudah menggunakan peralatan listrik yang hemat energi ( lampu hemat energy, AC dengan tingkat EER tinggi ) apakah DRAGON POWER masih dibutuhkan ?
Variabel yang menyebabkan pemborosan energi listrik sangat beragam, misalnya jaringan kabel yang sudah usang, tegangan jaringan yang tidak efisien, kondisi-kondisi ini dapat diperbaiki dengan pemasangan kompensator daya DRAGON POWER.

13. Bagaimana segi legalitas dari DRAGON POWER ? Apakah perlu izin khusus dari PLN ?
Tidak diperlukan izin khusus dari PLN, sebaliknya dengan menggunakan DRAGON POWER, telah membantu meringankan beban pada-gardu induk PLN sehingga distribusi jaringan PLN pun menjadi efisien.

Sudah terbukti bahwa kalau untuk beban lampu yang 20 Watt saja, dengan memperbaiki faktor daya, terdapat penurunan arus sebesar 0.022 Ampere.

Nilai Ampere ini berpengaruh terhadap besarnya kabel yang harus digunakan oleh PLN untuk menyalurkan dayanya.
Dengan daya yang sama, apabila faktor dayanya jelek, maka arusnya akan lebih besar, tentunya harus digunakan kabel dengan ukuran diameter yang lebih besar yang artinya lebih mahal.

PLN justru senang kalau pelanggan memasang DRAGON POWER karena dapat membantu PLN, dimana PLN dapat mensupply lebih banyak lagi arus ke pelanggan.

Pemakaian DRAGON POWER ini menguntungkan kedua belah pihak, dari sisi pelanggan tagihan bisa berkurang dan dari sisi PLN Losses energi listrik dapat ditekan.

Bagi konsumen ini merupakan investasi, dimana dengan dipasangnya DRAGON POWER, tagihan akan berkurang dengan alternative bisa memasang lebih banyak lagi alat listrik.

LEGALITAS PENGHEMAT LISTRIK DRAGON POWER :
  • SMTP - LIPI No BTP-025-PC-TP-006-10/B ( Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian - LIPI )
  • Mendukung INPRES No. 10 Thn. 2005 tetang Penghematan Energi.
  • Pemasangan kapasitor bank sesuai dengan SK Menteri PU No. 23/PRT/78
14. Saya pernah menguji pemakaian DRAGON POWER pada meteran listrik dirumah, sehari ( 24 jam ) tanpa DRAGON POWER dan sehari ( 24jam ) dengan DRAGON POWER, mengapa kadang berhasil, kadang tidak ?
Karena beban pemakaian listrik pada saat pengetesan tidak konstan/stabil, misal: lama pemakaian AC pada malam hari, siang hari sewaktu anak tidur siang, dan variabel cuaca juga mempengaruhi frekuensi tarikan kompresor AC ( pada waktu cuaca panas tarikan kompresor semakin sering ), lamanya pemakaian water heater dan lain - lain.
Untuk anda ketahui jika diteliti pada KWH PLN bahwa untuk mencapai 1 KWH dibutuhkan 900 putaran ( ada yang 1.250 putaran )

Jika setelah menggunakan alat ini ternyata beban yang terukur oleh meteran tetap sama, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi.
Yang pertama, anda menggunakan DRAGON POWER dengan ukuran yang tidak sesuai.
Yang kedua, kemungkinan jaringan dalam tempat anda tidak memiliki beban reaktif/Induktif yang berarti.

15. Apakah kompensator daya DRAGON POWER juga berfungsi sebagai STABILIZER ?
Tidak, DRAGON POWER bekerja pada arus ( ampere ), sedangkan stabilizer bekerja pada besaran tegangan (Volt), tetapi secara tidak langsung membantu, karena STABILIZER tsb juga bersifat Induktif ( akan di reduksi oleh DRAGON POWER ) Selain itu DRAGON POWER juga berfungsi sebagai SOFT START dapat mengurangi kejutan / tarikan awal peralatan listrik, sehingga berdampak positif pada fluktuasi tegangan.

16. Berapa life time (masa pakai) DRAGON POWER dan berapa lama garansinya ?
Komponen didalam DRAGON POWER mempunyai daya tahan sampai dengan 5 tahun. Garansi diberikan selama 1 tahun, yaitu garansi kerusakan yang bukan karena kesalahan pemasangan atau bencana alam misalnya ( kesalahan pemakaian misalnya produk DRAGON POWER dipasang pada stop kontak yang kendur/longgar ) sehingga menimbulkan Percikan api, yang mengakibatkan timbulnya panas, yang menyebabkan steker/ colokan terbakar, atau produk DRAGON POWER dipasang pada kapasitas listrik yang lebih besar dari type produk ( misalnya : DRAGON POWER R1 dipasang pada kapasitas listrik yang 4.400 watt, dan seterusnya ).

1 komentar:

  1. bagus gan artikel nya ...blognya berguna banget nih...
    tips killer yg bisa naikin Google pagerank dan meningkatkan traffic web kamu hanya dalam 2 minggu
    Home Appliances and Home Improvement cuma disini!!

    BalasHapus